Sabtu, 11 Juni 2011

Smala: Sekolah Luar Biasa Pencetak Pemimpin Peradaban*

Bismillahirrahmanirrahim

Setelah ini akan mencoba berbagi pengalaman selama menjadi Smalane..semoga menginspirasi..

SMA Negeri 5 Surabaya, sekolah luar biasa dengan segudang prestasi. Menyilaukan diri, banyak orang ingin dan berlari meraih mimpi. Smala sekolah impian para pemuda di Surabaya, siapa yang tidak ingn masuk Smala. Banyak orang-orang besar lahir dari rahim Smala. Orangtua mana yang tak ingin kelak anaknya jadi orang besar pula.

Ya, tertanam pasti dalam hati. Bahwa saya harus masuk smala. Masuk Smala setelah melewati seleksi ketat dan saya berada di urutan sekitar 35 dari bawah. Ada rasa sedikit minder melihat orang-orang luar biasa mengorbit seputar saya.

Awal tahun ajaran baru telah dimulai. Tantangan awal harus diatasi..PERISAI 2K8.  Jika hanya berpikiran ini hanya MOS biasa maka silakan hidup dalam dunia yang sempit. Buka mata, buka pikiran, lapangkan hati. Apa yang terjadi bukan maksud menyiksa diri namun menyiapkan hati calon pemimpin bangsa. Hadapi dengan senyum, hati ceria, langkah pasti & keikhlasan. Takkan ada yang bisa halangi untuk menjadi seorang Smalane sejati. Impian takkan menjadi nyata bila hanya dibayangkan: mimpikan, strategikan, lakukan, dan dapatkan!

Awal tahun ajaran baru telah dimulai. Rasanya luar biasa..memang berbobot & padat..namun saat-saat seperti inilah pengalaman Perisai bisa diterapkan. Suasana belajar yang kondusif & kompetitif akn terus memacu insan-insan yang lapar akan ilmu untuk terus bersaing secara sehat.

Suasana seperti ini akan membawa kebiasaan kompetitif bagi tiap Smalane. Hal lain yang luar biasa dari Smala tak hanya mengenai akademis. Apapun yang kita inginkan sebagai wadah pembinaan pribadi tersedia. Guru-guru yang berkompeten luar biasa. Teman-teman yang pandai luar biasa akan membawa pengaruh positif bagi kita.


Tapi terlepas dari apa yg akan didapat di Smala. Pikiran tiap individu lah yang mmberi pengaruh terbesar dalam kontribusi di Smala.

Pengembangan diri? Jangan ditanya. Banyak ekstrakurikuler berjuta prestasi, organisasi berdedikasi, bimbingan olimpiade yang luar biasa. Mau tau kegiatan apa aja yg bisa diikuti? Yang ingin nambah ilmu agama, bisa aktif di sub seksi kerohanian..SSKI,SSKP,SSKK,SSKH. Yang berbakat nyanyi bisa ikutan PSGS (Paduan Suara Gita Smala) yang telah mengukir banyak prestasi baik nasional maupun internasional. Yang punya energi lebih bisa ikutan ekskul olahraga: basket, futsal, volly, psht, badminton, bridge, taekwondo. Ekstrakurikuler seni? Gak kalah kok..ada yang suka budaya lokal? Bisa ikutan karawitan & tari. Ektrakulikuler yang melatih kalian disiplin? Ada Paskibra dan PMR. Mau lebih dekat dengan alam? Ada SMALAPALA, ekstrakulikuler tertua di Smala. Mau jadi ketua OSIS? Mau jadi ketua MPK? Ada LDKMS V yang didedikasikan khusus untuk calon pemimpin bangsa. Pelatihan luar biasa bagi Smalane yang luar biasa, rugi banget kalo sampai gak ikutan. Semua yang dibutuhkan untuk menjadi pribadi luar biasa telah tersedia. Tinggal hati & pikiran memilih jalan mana yang akan ditempuh.

Tapi sekali lagi semua takkan berarti ketika pikiran membatasi & penuh dengan kemalasan. Smala bergudang prestasi..sudah bukan rahasia..lalu banggakah? Banggakan alumni maka Smala akan mati. Jangan takut masuk Smala, ukirlah sejarah, banggakan almamater. Tak hanya menggantung bangga pada yang lalu. Yang perlu ditakuti hanya pikiran yang membatasi potensi.

Di Smala rugi banget kalo cuma sekolah & mendekam seputar bangku serta menjadi pribadi apatis populis. Kalau seorang siswa biasa yang cuma sekolah bisa masuk PTN. Organisatoris & aktivis pun juga banyak yang bisa masuk PTN bergengsi. Intinya di Smala bisa memilih apapun. Tinggal niatkan, lakukan, wujudkan.
Jangan ragu untuk masuk Smala..keraskan usaha, mantapkan hati, siapkan diri..keberhasilan tlah menanti. Dan Smala adalah tempat pijakan luar biasa untuk meraih masa depan. Jangan tanyakan apa yang bisa Smala beri padamu, tapi tanyakan apa yang bisa kamu berikan untuk Smala. Berapa banyak alumni Smala menjadi orang berpengaruh di dunia kampus bahkan di negara ini? Banyak. Jadi jangan takut masuk Smala & jangan ragu menjadi luar biasa.

Mantapkan hati, masih ada waktu untuk berikhtiar & memohon petunjuk-Nya. Dan Smala telah menanti Smalane baru calon pemimpin peradaban.. :)

Sekian..semoga lain waktu masih disempatkan untuk berbagi kisah lainnya.

*Oleh: Dien M. Iqbal 
Ketua Umum MPK Periode 2009-2010
Mahasiswa Fakultas Hukum
Universitas Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar