Rabu, 20 Juni 2012

Like - Liku Perjuangan

Assalamualaikum  Wr. Wb.

                Perkenalkan namaku Reno Albra dari kelas X-8. Aku akan menceritakan mengenai perjuanganku menuju SMALA. Saya berasal dari SMPN 6 Surabaya. Di SMP, aku tidak seberapa menonjol dan tidak seberapa diandalkan dalam berbagai hal.

Kisah ini dimulai sekitar 1 tahun yang lalu,. Saat Hari H pengumuman UNAS

            Pagi itu sekitar pukul 09.00 pagi aku baru saja sampai dari rumah temanku. Sesampainya dirumah aku segera membuka website pengumuman www.ppdbsurabaya.net. Rasa dag dig dug pun semakin kencang saat aku mulai memasukan nomor unasku di website tersebut 01-021-112-9 ya, itu nomor ujianku. Akhirnya, website ppdb mulai menunjukkan nilai ku dan aku sangat SHOCK begitu melihat nilai akhirku yaitu 34,75. Aku begitu lemas ketika melihat teman-temanku yang mempunyai nilai yang sangat tinggi yaitu 37 dan 38. Aku pun mulai meneteskan air mataku saat melihatnya, aku mengira bahwa harapanku untuk menembus SMALA sangatlah kecil bahkan tidak ada dikarenakan nilai unas yang begitu kecil.

            Aku membuka pintu kamarku dengan sangat sedih, aku menyesali nilaiku. Suatu ketika ibuku membuka kamar dan mulai menanyakan kepadaku  mengenai nilaiku. Saat aku menjawab ibuku terlihat sedih namun ibuku bangga padaku karena memang aku mengerjakan tanpa JOKI. Ibuku mulai mengelus rambutku dan berkata.

“NAK, itu hanya NILAI  ANGKA perjuangan yang sebenarnya baru saja akan dimulai. Itu adalah langkah awalmu. Jadikan itu sebagai cambukanmu jangan jadikan itu sebagai bebanmu karena ALLAH mengetahui apa yang terbaik bagimu”

            Ketika aku mendengarkan kalimat itu, perlahan-lahan aku mulai membuka pikiranku dan aku berpikir “Ngaps nangis, perjuangan baru akan dimulai FIGHT FOR SMALA” . Aku mulai menjalani hari-hariku dengan belajar dan beribadah seperti biasanya. Namun, memang aku kali ini agak lebih ngoyo karena aku tercambuk oleh nilaiku yang pas-pasan itu dan SEMANGAT dari ibuku.

            Tibalah suatu hari dimana itu adalah hari pengisian  formulir  PPDB aku bingung untuk menentukan pilihanku. Aku takut untuk memilih SMALA dan lebih memilih 2 sekolah RSBI lainnya. Aku takut akan konsekuensi nya. Aku takut terlempar. Ya, begitulah perasaanku. Aku hampir 2 jam di depan laptopku dengan rasa bimbang, galau, dan takut. Namun, tiba-tiba aku mendapat pencerahan untuk memilih SMALA sebagai pilihan pertama dan orangtuaku mendoakan. Akhirnya kupilh SMALA sebagai tujuan dan pilihan pertamaku. Aku berpikir bahwa pilihanku sangat beresiko ini adalah DO or DIE bagiku, mengingat danemku pas-pas an dan jarang yang mau menerima danem paspas -an.

KUTULISLAH INI DISELEMBAR KERTAS

           
            Itulah tulisan MOTIVASIku saat akan menjalani hari “Road to SMALANE”. Aku membuat itu karena aku bersungguh-sungguh ingin masuk SMALA. Tulisan seperti itu sangat membantuku  saat aku dilanda ketidaksemangatan. Tiap waktu aku terus membaca itu di sertai dengan IKHTIAR.

            Tibalah hari H tes SBI. Pada saat sampai di SMAN 1 Surabaya, tempatku tes. Aku mulai melesu karena aku melihaat koridor yang penuh dengan orang belajar. Aku memustuskan tidak akan mereview ulang karena aku merasa saat ini yang dibutuhkan adalah doa dan semangat. Aku mulai menapakkan kakiku ke masjid untuk sholat dhuha. Aku menghabiskan waktuku untuk berdiam di masjid. Bel pun berbunyi dan aku bergegas menuju ruangan dengan langkah mantap dan pasti. Akupun melewati hari H tes SBI dengan kegiatan dan rutinitas yang sama.

            Tibalah Hari H pengumuman Tes RSBI, aku yang dag dig dug karena aku kuatir dengan nilaiku yang pas-pasan itu, aku pun mulai memasukkan nomorku dan ALHAMDULILLAAAAH aku diterima di Smala. Aku pun segera ke kamar Ibuku yang sedang sakit, aku langsung memeluknya dengan meneteskan air mata bahagia.

            Saat suka cita, aku mendengar kabar bahwa ada temanku (dari sekolah lain) yang ketika UNAS men JOKI mendapatkan nilai sangaaaaaaaaaaat tinggi itu tidak di terima di sekolah RSBI. Aku mulai tahu suatu hal yaitu perkataan ibuku

“USAHA dan DOA pasti akan dikabulkan oleh Allah cepat atau lambat”
“Allah itu maha adil”
“Nak, kesuksesan itu gabungan dari doa dan usaha”
“Percaya kepada kemampuan sendiri adalah sesuatu yang langka saat ini”

TULISAN INI AKAN MENJADI SAKSI BISU PERJUANGANKU.



AYO  ADEK ADEK KALIAN PASTI BISA LEBIH
KALIAN GENERASI YANG HEBAT
PILIHLAH APA YANG KAMU PILIH 
IKUTI KATA HATI
SESULIT APAPUN RINTANGAN PASTI
BISA KALIAN LALUI
DENGAN 
USAHA DOA RESTU
SEMANGAAAAAAAAAAAAAAAT

Ditulis oleh:
Reno Albar - Pengawas II MPK Periode 2011-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar